Potensi dan Peluang Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Tanah Bumbu

Surel Cetak PDF

Wilayah Kabupaten Tanah Bumbu memiliki beragam sumberdaya alam dan jasa-jasa lingkungan yang mempunyai peran dan fungsi sosio-ekologi yang sangat penting bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.     Sumberdaya alam Kabupaten Tanah Bumbu terdiri dari sumberdaya hayati dan sumberdaya non-hayati, sumberdaya hayati yang banyak ditemui wilayah Tanah Bumbu antara lain: ikan, mangrove, terumbu karang, padang lamun dan biota laut lainnya. Sedangkan sumberdaya non hayati yang terdapat wilayah Tanah Bumbu terdiri dari sumberdaya mineral dan abiotik lain di lahan pesisir, permukaan air, di kolom air dan di dasar laut.

 

Selain kekayaan alam tersebut, kawasan pesisir dan laut Kabupaten Tanah Bumbu juga dikenal sebagai kawasan yang memiliki potensi kegiatan perekonomian beragam, seperti perikanan, pemukiman, pariwisata, pelayaran, perdagangan serta konservasi alam. Diantara kegiatan-kegiatan tersebut, sektor perikanan dan pariwisata merupakan sektor yang paling banyak mempengaruhi kehidupan masyarakat dan lingkungan Kabupaten Tanah Bumbu.

Pengembangan wilayah Kabupaten Tanah Bumbu sebagai satu kesatuan wilayah akan memberikan peluang dalam banyak hal, khususnya Pengembangan Wilayah Propinsi Kalimantan Selatan dalam kerangka makro. Peluang tersebut adalah dalam keterpaduan perencanaan serta perkembangan kawasan yang lebih cepat yang didukung oleh potensi masing-masing sumberdaya, baik barang maupun jasa. Salah satu potensi unggulan Kabupaten Tanah Bumbu adalah sektor Pariwisata.         
Keunggulan tersebut dapat dilihat dari dua sisi yaitu: pertama sebagai daerah tujuan wisata, terdapat beberapa obyek wisata bahari, wisata alam, wisata panorama dan wisata budaya. Kedua, sebagai pintu gerbang pariwisata regional khususnya di Propinsi Kalimantan Selatan, karena posisinya yang strategis sebagai inletloutlet di kawasan tenggara Kalimantan Selatan ke pasar pariwisata global.
Pariwisata merupakan sektor yang penfing dalam perekonomian sebagai sumber ekonominegara dan masyarakat, pengembangan sosial budaya dan mempromosikan citra bangsa di luar negeri. Sektor pariwisata meliputi beberapa bidang usaha seperti: hotel dan restauran, biroperjalanan wisata, kawasan wisata. Pariwisata merupakan sektor yang melibatkan sektor-sektorlain, sehingga koordinasi sangat penting.

Pariwisata merupakan salah satu sektor tumpuan yang diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dalam upaya mendorong pertumbuhan wilayah Kabupaten Tanah Bumbu yang sedang tumbuh dan berkembang. Oleh sebab itu pembangunan kepariwisataan perlu terus dilanjutkan dan ditingkatkan dengan menggunakan sumberdaya dan potensi kepariwisataan untuk menjadi kekuatan ekonomi dan non-ekonomi yang dapat diandalkan dalam menunjang pelaksanaan otonomi daerah.
Selain itu, pariwisata menjadi sangat penting karena merupakan salah satu andalan pembangunan bagi Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu kedepan, khususnya dalam memacu penerimaan devisa negara dan pendapatan asli daerah yang berasal dari sektor non-migas, dengan tidak mengabaikan prinsip pembangunan wilayah pesisir yang berkelanjutan.

Share

 

 

 

 

 

You are here Peluang Usaha & Investasi Potensi dan Peluang Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Tanah Bumbu